Sabtu, 08 November 2014

Cara menyesuaikan resolusi image di photoshop


Langkah penting untuk melakukan koreksi atau adjustmen pada photoshop adalah untuk meyakinkan apakah image anda menggunakan resolusi yang tepat. Besarnya jumlah pixel per unit panjang kali lebar dalam suatu image di sebut pixel dimension.

Resolusi suatu image biasa diukur dalam satuan pixel per inch (ppi). Untuk lebih memahami resolusi dan megapixel silahkan baca Kamera digital dan megapixel. Suatu image yang dikategorikan beresolusi tinggi memiliki pixel di atas 300 ppi, sedangkan resolusi rendah 72 dan 96 ppi. Image beresolusi tinggi diperlukan apabila akan di cetak, sedangkan yang beresolusi rendah digunakan untuk ditampilkan di layar seperti web maupun layar video. Untuk cara membuat gambar ringan  silahkan baca di artikel Membuat gambar ringan untuk web.

Kamera digital menangkap dan merekam pixel gambar dengan kondisi atau setting yang terpasang saat itu. Ketika hasilnya di buka di photoshop, maka program akan menampilkan image tersebut pada monitor dengan resolusi 72 ppi sebagai default. Namun pada kamera yang lebih bagus mampu merekam hingga 300 ppi pada format file EXIF (format yang dipergunakan oleh kamera untuk merekam gambar ke memory stick).

Untuk mempertahankan agar resolusi image tetap tinggi, langkahnya sebagai berikut:
1. Buka sebuah image di photoshop.
2. Setelah image tampil, buka kotak dialog Image Size lewat menu Image lalu klik Image Size.
3. Non aktifkan pilihan Resample Image. Langkah ini akan mengunci opsi-opsi di bagian atas kotak dialog ini agar pixel asli dari image tidak berubah. Jika anda tidak menonaktifkan pilihan ini, ketika anda mengubah nilai ppi maka akan berubah pula dimensi dari pixel, yang berarti mengubah resolusi menjadi tidak ada gunanya lagi.

4. Ketikkan nilai resolusi cetak pada kotak Resolution. Atau sebaliknya, anda dapat mengetikkan nilai atau ukuran lebar dan tinggi. Semakin tinggi nilai resolusi yang yang anda masukkan maka akan memperkecil ukuran lebar dan tinggi hasil cetak. Sebaliknya jika anda membesarkan ukuran cetak maka otomatis nilai resolusi akan semakin rendah.
5. Jika dirasa cukup klik OK untuk menutup kotak dialog.


Anda tidak dapat membesarkan resolusi sekaligus membesarkan ukuran cetak suatu image. Karena membesarkan nilai resolusi selalu berakibat memperkecil ukuran cetak dan sebaliknya membesarkan ukuran cetak akan memperkecil nilai resolusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar